Your Partner In Human Capital Technology

+62(21) 7918 4219

  • title

Perlu Tambah Orang Lagi Atau Tidak?

Kapankah seorang pengusaha harus menambah jajaran tim kerjanya?
Untuk menjawab pertanyaan ini, maka Pertama kali yang harus kita lakukan adalah membuat struktur kerja yang ideal... Darimana kita tahu kalau struktur kerja tersebut ideal? Sebuah struktur kerja yang ideal adalah struktur kerja yang sesuai dengan proses bisnis yang ada serta kompetensi yang dibutuhkan sebuah usaha untuk meraih target jangka panjangnya.
Nah, untuk target jangka pendek mungkin ada beberapa posisi di dalam stuktur kerja yang belum di butuhkan. Idealnya posisi tersebut tetap kita rencanakan dalam struktur kerja namun di dalam kotaknya cukup tertulis "vacant" . Nah, kapan posisi vacant ini perlu kita isi? 
Posisi vacant kita akan isi berdasarkan analisa beban kerja. Analisa beban kerja akan kita perhitungkan dengan membuat standar lama waktu pengerjaan untuk setiap proses kerja, kita juga harus memiliki uraian jabatan (job desc) yang jelas untuk masing2 posisi tersebut sehingga beban kerjanya dapat kita perhitungkan. Kita harus memiliki role model untuk setiap proses kerja, berapa lama sih seorang pekerja handal dapat menangani proses tersebut. Contoh : untuk posisi tukang masak, kita harus punya perkiraan kasar berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak mulai dari sejak bahan mentah hingga tersaji di atas pirieng untuk setiap macam masakan. Dan ukuran ini kita tetapkan berdasarkan kemampuan tukang masak paling handal  yang pernah kita temui. Sehingga kita akan tahu, dalam sehari tukang masak akan mampu memasak berapa porsi untuk masing2 jenis masakan. Kemudian kita akan lihat berapa rata2 pemesanan makanan yang ada per hari nya. Apakah dengan perhitungan kita tersebut, kita cukup hanya memiliki 1 tukang masak saja? Atau akan ada perubahan prosedur kerja yang akan memangkas proses kerja si tukang masak sehingga beban kerjanya menjadi berkurang.
Setelah kita pasti akan proses bisnis kerja yang paling efisien, struktur kerja yang paling efektif, kompetensi yang paling mendukung strategi usaha, SOP yang rapih, job description yang jelas dan tidak tumpang tindih maka menghitung beban kerja akan terasa jauh lebih mudah.
Walaupun di usaha yang sangat besar sekali, menghitung beban kerja akan menjadi lebih rumit. Karena kita harus menghitung standar beban kerja yang merupakan waktu kerja efektif dalam setahun atau jumlahjam produksi/ pelayanan. Sedangkan jumlah SDM akan diperhitungkan berdasarkan obyek kerj dibandingkan standar beban kerja tersebut. Dimana angka yang bisa ditoleransi adalah 1,3 dimana jika melebihi angka ini berarti 1 peekrjaan yang sama harus dikerjakan oleh lebih dari 1 orang.
Ketika beban kerja sudah bisa diperhitungkan, maka kitapun akan lebih mudah menentukan jumlah orang pada tiap posisi yang kita butuhkan. Sehingga kapan saat yang tepat untuk menghadirkan orang baru akan tidak sia2 dan memakan biaya operasional yang tidak perlu lagi.
Selamat berhitung ya. Bagi yang ingin belajar lebih detail mengenai cara menyusun SOP dan menghitung beban kerja bisa mengikuti coaching class di kantor kami untuk itu silahkan cek detailnya di www.sdm4ukm.com
Developed by JavaSign